Rabu, 11 September 2019

Cara Mudah Melihat Kesehatan Harddisk PC Atau Laptop

Cara Mudah Melihat Kesehatan Harddisk PC Atau Laptop


Harddisk adalah komponen terpenting yang sering kita gunakan, kinerja harddisk sering kita gunakan apalagi untuk menyimpan data-data penting, jadi harrdisk jangan kita anggap remeh. itu juga adalah perangkat keras yang paling penting, karena terdapat file sistem windows kamu juga. jika harrdisk kamu rusak, maka data-data yang ada didalam komputer kamu akan hilang.

Kamu juga harus sering memperhatikan kesehatan dari harddisk, kenapa? jika kamu belum mengetahuinya biasanya harddisk akan tahan lama mulai dari 5 tahun ke-atas, dan jika lebih akan menurun performanya, menurut saya tergantung penggunaan juga. berbeda dengan SSD, hanya bertahan hingga 2 - 4 tahun paling lama.

Jadi kamu perlu men-cek kesehatan harddisk kamu, apakah masih layak dipakai atau tidak. untuk menge-cek nya kamu bisa menggunakan banyak cara, akan tetapi saya disini hanya menerapkan 2 Cara saja yaitu,

Menggunakan Windows CHKDSK

Windows CHKD adalah tools terbaik untuk menyelesaikan masalah pada harddisk kamu, tools ini sudah ada dari microsoftnya, jadi jika kamu menggunakan windows, hanya melakukan penge-cek an saja. saya juga sering menggunakan Windows CHKDSK untuk melihat kesehatan HDD & Menjaganya.

Keunggulan menggunakan CHKDSK bisa memperbaiki sistem yang error, bahkan Bad Sector. tools ini dapat mengatasinya, cara ini sering saya terapkan dan saya melakukan-nya 1 Bulan satu kali untuk me-scan-nya. berikut beberapa cara penggunaan-nya.

  1. Buka File Explorer,
  2. Cari Drive/HDD yang ingin kamu cek kesehatan-nya. lalu Klik kanan > Properties.
  3. Nanti akan muncul Local disk pada windows kamu, Pilih > Tools > Pada bagian Error Checking klik > Check.
  4. Nanti akan ada muncul notifikasi, atau Box baru, lalu kamu pilih > Scan Drive 
  5. Tunggu proses scanning drive hingga selesai.
  6. Jika selesai, pasti akan ada notifikasi success, dan jika haddisk kamu perlu diperbaiki. tunggu saja proses repairnya, *Jika harddisk kamu normal dan Sehat/Tidak ada masalah, akan ada notifikasi seperti dibawah.
Menggunakan Software Harddisk Sentiel

Harddisk Sentiel Adalah software yang paling direkomendasikan, yang berfungsi untuk men-cek kesehatan harddisk, dan kamu juga bisa mengetahui berapa lama Drive HDD Kamu mampu bertahan, Software tersebut cukup lengkap untuk menerangkan tentang kondisi Harddisk anda. mulai dari Health,Suhu/Temp dan lainnya.

Biasanya jika kamu membeli harddisk, harus dilihat kesehatan/Health HDD kamu, berikut beberapa cara menggunakan software harddisk sentiel.
  1. Unduh software Harddisk Sentiel  https://www.hdsentinel.com/download.php
  2. Install seperti biasa,
  3. Setelah kamu buka, kamu akan muncul tampilan dari Software Harddisk Sentiel, disitu terdapat Helth&Temp nya, 
  4. Klik drive jika ingin melihat kesehatannya, misalnya Windows C/ Data D

Jika Harddisk kamu Health 100% maka keaadaan sehat masih layak dipakai/Sehat .dan health dalam keaadaan 50% Kebawah, mungkin sudah tidak layak untuk dipakai lagi, kurang nyaman untuk digunakan juga. karena performa dari harddisk kamu menurun & Kinerja Komputer atau laptop kamu juga akan semakin lama.

Saran saya sedikit.. jika performa kamu ingin cepat gunakan Harddisk WD Black atau jika punya uang lebih gunakan SSD.

Akhir Kata

Mungkin itu beberapa cara mudah untuk melihat kesehatan Harddisk PC atau Laptop kamu, selain kamu sering melihat kesehatan dari harddisk, kamu juga harus pandai merawatnya. mungkin cukup sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

0 Comments: